Your Ad Here

(Ikuti) Gaya Gue ...

Minggu, 24 Mei 2009

Alergi makanan pada anak

Pada kenyataannya alergi makanan tidak seperti biasa sebagaimana sebagian besar orang percaya dan hanya mempengaruhi sekitar 2% dari anak-anak, walaupun lebih sering terjadi pada anak usia dini (mempengaruhi sekitar 5-8% dari anak usia muda). Dan untungnya, sebagian besar anak-anak akan akan terkena alergi makanan pada saat mereka menginjak usia tiga tahun.



Gejala alergi makanan termasuk tersengal-sengal dan kesulitan bernapas, kulit gatal, bintik-bintik, muntah, diare, mual, sakit perut dan bengkak di sekitar mulut dan di tenggorokan. Gejala-gejala tersebut biasanya berkembang cukup cepat setelah anak Anda mengkonsumsi makanan yang membuat dia alergi, sering dalam menit ke jam. Gejala hidung seperti kongesti atau pilek, biasanya tidak disebabkan oleh alergi makanan.

Gejala dapat ringan atau sangat berat, tergantung seberapa banyak makanan yang dikonsumsi anak Anda dan bagaimana ia alergi terhadap makanan. Reaksi parah dapat termasuk anaphylaxis, dengan kesulitan bernapas, pembengkakan di mulut dan tenggorokan, penurunan tekanan darah, shock dan kematian.

Alergi makanan yang lebih umum adalah intolerances untuk makanan tertentu, yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan bintik-bintik di kulit. Contoh suatu reaksi terjadi pada anak-anak dengan intoleransi lactose, yang terjadi karena adanya kekurangan dari enzim lactase, yang biasanya merinci gula lactose. Anak-anak tanpa enzim atau yang mengalami penurunan jumlah enzim, menyebabkan gejala setelah minum lactose berisi produk-produk makanan, seperti dari susu sapi. Namun, karena reaksi ini tidak melibatkan sistem kekebalan, ini bukan alergi makanan..



Jika anda melihat bahwa anak Anda mengalami peningkatan gejala setelah makanan tertentu, maka anda harus menghindari makanan itu. Makanan yang paling umum yang dapat menyebabkan alergi antara lain: kacang tanah, kacang-kacangan pohon, ikan, kerang, telur (terutama putih telur), susu, kedelai, dan gandum. Catatlah dalam buku harian selama beberapa bulan dan merekam apa yang telah dimakan anak Anda, terutama makanan yang baru, sehingga ketika ia mengalami gejala-gejala dapat membantu mengetahui apa dia alergi.

Setelah Anda menentukan apakah anak Anda alergi, sangat penting untuk membaca label makanan karena makanan tersebut barangkali adalah campuran dari berbagai bahan yang mungkin akan menyebabkan alergi. Anda juga harus menghindari makan yang disiapkan dengan menggunakan peralatan yang bisa menyebabkan alergi.

Ketika mencoba untuk menentukan apakah anak Anda alergi, orang tua sering punya anggapan salah bahwa jika apa yang dimakan sebelumnya tidak mennyebabkan masalah, maka makanan tersebut mungkin tidak membuat alergi bila dimakan. Makanan biasanya hanya dicurigai dapat menimbulkan alergi saat pertama kali makan lansung alergi. Namun, penting untuk diingat bahwa hal tersebut membutuhkan waktu untuk membangun sistem kekebalan tubuh terhadap reaksi alergi. Diperlukan waktu hari, minggu, bulan atau bahkan tahun untuk membangun respon yang cukup untuk mengetahui gejala nyata. Jadi anak Anda mungkin alergi makanan bahkan pada makanan yang telah dimakan yang sebelumnya tanpa masalah.

Selain itu untuk menghindari makanan apa yang mungkin alergi bagi anak Anda, anak-anak dengan tingkat reaksi keparahan yang berlebih, harus dievaluasi oleh dokter penyakit anak atau ahli dibidang allergi. Ujian boleh dilakukan, baik tes kulit atau RAST (radioallergosorbent tes, tes darah untuk memeriksa antibodies terhadap hal-hal tertentu yang ungkin anak Anda alergi) untuk melihat apakah alergi makanan tertentu dapat ditemukan. Selain itu, anak Anda akan harus dapat pengobatan epinephrine autoinjection (seperti EpiPen atau EpiPen JR) dan harus memakai sebuah gelang tanda medis untuk memberitahu orang lain bahwa anak anda alergi.

Mencegah alergi makanan masih dapat dilakukan, terutama jika anak Anda mempunyai risiko tinggi alergi makanan, termasuk sudah memiliki alergi makanan atau formula, eksim, hayfever, atau asma, atau memiliki anggota keluarga yang lain dengan kondisi sama atau alergi makanan.

Paling penting, hindari susu bayi dan supplemen.. Jika Anda tidak menyusui atau perlu suplemen, maka perlu mempertimbangkan menggunakan hypoallergenic formula bayi (formula kedelai dan susu kambing bukan alternative baik, karena banyak bayi yang alergi susu sapi mungkin juga alergi formula kedelai). Jika Anda sedang menyusui, maka anda harus menghindari susu, telur, ikan, kacang tanah dalam diet Anda sendiri.

Jika anak Anda mempunyai risiko tinggi terhadap makanan yang berpotensi menimbulkan alergi, Anda harus menunda dan terus menyusui, serta memulai dengan cereal bayi yang mengandung besi. Yang terbaik adalah mulai dengan nasi dan sereal gandum dan terap memperkenalkan sereal. Selanjutnya Anda dapat memperkenalkan sayuran, tetapi menghindari kacang (makanan dalam biji kacang dan semacamnya) terlebih dahulu, kemudian buah-buahan non-jeruk dan jus buah. Makanan daging dan protein dapat ditambahkan setelah anak 8-9 bulan.

Makanan untuk dihindari sampai bayi Anda minimal satu tahun, termasuk dari susu sapi dan produk susu, buah-buahan jeruk dan jus, dan gandum. Selain itu, hindari memberikan telur sampai usia dua tahun, dan kacang tanah (seperti kacang halus) dan kerang sampai anak sekurang-kurangnya tiga tahun. Seluruh kacang tanah dan kacang-kacangan harus dihindari sampai anak Anda beusia 4 tahun karena bisa tersedak.

Bila anda memperkenalkan makanan baru, melakukannya secara perlahan dan hanya memberikan satu makanan baru setiap empat sampai lima hari. Dengan cara ini, jika anak Anda ada reaksi alergi, maka Anda akan tahu makanan apa yang menyebabkan alergi untuk kemudian bisa Anda hindari.

Alergi Makanan secara umum

Susu sapi adalah yang paling sering menyebabkan alergi makanan (selain menjadi penyebab umum makanan intolerances). Tidak seperti susu sapi yang intoleransi yang biasanya berreaksi terhadap lactose gula, alergi ke susu sapi biasanya dari protein yang ada di susu. Bayi yang memiliki alergi ke susu sapi yang mengandung formula biasanya harus diubah menjadi elemen atau formula hydrolyzed, seperti Nutramigen atau Alimentum. Formula- formula yang mengandung kedelai dan susu kambing mungkin bukan alternatif baik dalam hal ini, walaupun itu adalah biasa untuk anak-anak, karena banyak bayi dengan alergi susu sapi dari protein juga alergi terhadap protein dalam kedelai dan susu kambing.

Makanan lainnya untuk dihindari jika anak Anda alergi dari susu sapi meliputi, dadih, keju, evaporated dan susu kental, es krim, yogurt, kentang tumbuk instan, mentega, zat keju, krim, hydrolysates, lactalbumin, nougat, krim, whey, dan makanan lainnya yang dibuat dengan susu. Anak-anak yang tidak dapat minum susu atau makan makanan yang mengandung susu harus yakin untuk mendapatkan tambahan sumber kalsium dalam diet, termasuk jus yang mengandung kalsium.

Telur, terutama protein di putih telur juga merupakan penyebab umum alergi makanan. Untuk membantu mencegah alergi pada telur, adalah ide yang baik untuk menghindari memberikan putih telur untuk bayi di bawah satu tahun. Makanan lain yang termasuk perlu dihindari meliputi, tapi tidak terbatas pada makanan yang berasal dari telur, termasuk pengganti telur, dan makanan yang mengandung albumin, globulin, ovalbumin dan vitellin. Juga menghindari makanan yang ada kandungan telur, termasuk kue, cookies, pancakes, minuman telur kopyok, roti, es krim, pasta, puddings, salad berbalut susu dan makanan semacam podeng susu.

Alergi kedelai biasanya ditemukan pada bayi yang diberikan formula yang mengandung kedelai, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak yang minum susu kedelai. Makanan lain yang mengandung protein kedelai dan dapat menimbulkan gejala alergi pada anak-anak adalah miso soup, saus kedelai, makanan yang mengandung minyak kedelai, veggie burgers dan hot-dogs, dan campuran dalam makanan pada label termasuk emulsifiers, hydrolyzed textured protein nabatiyang bertexture,

Alergi gandum dapat terjadi apada bayi yang diberi cereal gandum, dan mungkin lebih baik untuk memberi beras atau cereal gandum dan menunda memberikan gandum sampai setelah anak Anda berusia 6-8 bulan. Makanan lainnya yang dapat menimbulkan masalah pada anak-anak yang alergi adalah gandum, tetapi tidak terbatas pada banyaknya roti dan sereal (kecuali mereka yang dibuat dari gandum, gandum hitam, jagung atau beras) yang dibuat dengan tepung terigu. Juga menghindari makanan dengan jagung, tepung perekat, semolina, semua yang mengandung tepung putih.

Kacang tanah bukanlah kacang-kacangan, tetapi sebenarnya dari kacang kacang buncis dan keluarganya. Untuk anak-anak dengan alergi kacang tanah dapat menjadi sangat peka terhadap makanan walaupun dengan jumlah kandungan kacang sangat kecil di dalamnya. Menghindari semua makanan dengan kacang tanah, termasuk permen, makanan yang dipanggang, cabai, beberapa makanan etnik (termasuk Thailand, Asia dan makanan Indonesia), kacang mentega , dan campuran kacang. Anak-anak yang alergi kacang tanah sering dapat makan kacang-kacangan karena tanaman ini bukan bagian dari keluarga kacang tanah..

Alergi kacang Pohon juga mungkin, termasuk alergi pada walnuts, pecans, cashews, almonds hazel dan kacang-kacangan lainnya dalam hard shells. Anda harus menghindari makanan yang mengandung kacang pohon, termasuk berbagai jenis permen, dan berbagai makanan yang dipanggang minyak.

Jagung jarang menyebabkan alergi makanan. Jika anak Anda tampaknya tidak akan alergi jagung, Anda harus menghindari jagung berbasis sereal dan roti, sirup jagung, dan karamel.

Makanan tertentu yang mengandung pewarna dan pengawet, terutama sulfites, juga dapat menyebabkan gejala alergi makanan.

Penting diingat

* Saat anak-anak kadang sering dapat mengatasi alergi makanan, jika anak Anda memiliki reaksi berlebihan terhadap makanan, maka harus dikonsultasikan dengan dokter anak atau ahli alergi sebelum memperkenalkan makanan.
* Bicara dengan keluarga dan saudara lain untuk menjaga anak Anda yang alergi makanan. Kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana seriusnya alergi terhadap makanan bisa terjadi, dan mungkin berpikir alangkah baiknya hanya memberikan sejumlah kecil makanan yang bagi anak Anda bisa menimbulkan alergi.
* Mendidik anak Anda tentang alergi, sehingga ia dapat belajar untuk menghindari makanan yang berpotensi membuat alergi.
* Jika anak Anda tidak ada peningkatkan dengan dengan campur tangan ini atau jika dia memiliki reaksi alergi yang parah, maka anda harus mempertimbangkan membawa dia ke spesialis alergi dan melakukan pengujian untuk mengetahui makanan apakah yang membuat dia alergi dan kemungkinan untuk memulai suntikan anti alergi.
* Anak dengan reaksi alergi parah anaphylaxis harus memakai sebuah gelang tanda medis untuk memberitahu kepada orang lain tentang kondisinya dan harus membawa epinephrine autoinjector (seperti EpiPen JR) untuk memastikan agar anak anda bisa mendapat perawatan secara cepat ketika terjadi reaksi alergi.
* Yang terpenting, bacalah label pada makanan dan mencari tahu bahwa anak Anda mungkin alergi dan praktekkan secara ketat untuk menghindari makanan tersebut. Jika Anda tidak tahu apa bahannya, hubungilah produsen sebelum memberikan ke anak Anda agar aman.

Komentar :

ada 1
Unknown mengatakan...
pada hari 

terima kasih artikelnya sangat bermamfaat
SUSU ALMOND

Posting Komentar

100 Blog Indonesia Terbaik
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra